Musyawarah Warga

Musyawarah warga RT 03/05 Dusun 5 Desa Dagan, menyepakati menggiatkan kembali Siskamling dan budaya gotong royong, Senin (17/10) malam di Aula NU Dusun 5

Dagan.desa.id-Warga dusun 5 desa Dagan bersepakat akan menggiatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling.

Kesepakatan tersebut diungkapkan dalam musyawarah warga dusun 5, Senin (17/10) malam, di Aula NU Dagan Legok.

Ketua RT 03/05, Aminudin, yang juga menjadi peserta dalam musyawarah tersebut menuturkan, kurang giatnya kegiatan siskamling mengakibatkan maraknya kasus pencurian yang terjadi di wilayah dusun 5.

Dalam dua bulan terakhir, banyak warga yang melapor hewan peliharaannya dicuri orang.

“Kebanyakan warga sering megatakan kepada kami bahwa mereka kehilanyan ayam peliharaannya,” kata Amin.

Oleh karena itu, atas inisiatif warga, pihaknya meminta kepada Kepala Dusun untuk memfasilitasi kegiatan musyawarah untuk membahas persoalan tersebut.

Hasilnya, lanjut Amin, malam ini pihaknya bersama warga menyepakati akan menggiatkan kembali siskamling, atau ronda.

Kepala Dusun 5 desa Dagan, Sukman Ibrahim mengatakan, selama ini memang siskamling di wilayah dusun 5 mati suri. Pasalnya, koordinasi dan komunikasi masing-masing RT dan warga masih kurang. Sehingga, siskamling tidak berjalan.

“Jarangnya komunikasi formal antara lembaga dan warga yang ada di wilayah dusun 5 menjadi penyebab utama tidak berjalannya siskamling. Padahal, siskamling itu penting untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan,” paparnya.

Budaya Gotong Royong

Lebih lanjut Sukman menuturkan, selain bersepakat menggiatkan kembali Siskamling, warga juga sepakat untuk menggiatkan budaya gotong royong.

Apalagi, dalam waktu dekat di wilayah dusun 5 akan ada pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RRTLH).

Selain RRTLH, di wilayah dusun 5 juga akan dilaksanakan kegiatan pengaspalan jalan yang dibiayai Dana Desa tahun 2016.

“Jadi, dua kegiatan tersebut kami jadikan sebagai pemantik untuk menggiatkan kembali budaya gotong royong warga dusun 5,” paparnya.

Bergilir

Kegiatan musyawarah warga dusun 5 menurut rencana akan dilaksanakan secara bergilir di masing-masing RT.

“Mala mini kami bermusyawarah dengan warga RT 03 RW 05 Dusun 5. Dua malam berikutnya, secara bergilir akan dilaksanakan kegiatan serupa di wilayah RT 02 RW 05, dan wilayah RT 01 RW 05,”katanya.

Sukman beraharap, semoga kesepakatan tersebut menjadi penanda dan tonggak bangkitnya kembali kegiatan siskamling, dan budaya gotong royong yang mulai terkikis.