Dagan—Lembaga Desa dan warga Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga mengikuti pelatihan komputer.

Kegiatan yang dihelat oleh Pemerintah Desa Dagan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Dagan tersebut diselenggarakan pada Kamis (15/11) di Gedung Serba Guna Desa Dagan.

Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengatakan, selain untuk meningkatkan kapasitas pemerintah desa Dagan dan lembaga desa, pelatihan tersebut juga ditujukan untuk masyarakat desa Dagan yang ingin belajar komputer.

“Teknologi menjadi syarat penting dalam mengahadapi kemajuan zaman ini. Hampir semua bidang kehidupan tidak luput dari sentuhan teknologi,” papar Sukarni.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Perangkat Desa, Lembaga Desa, dan masyarakat desa Dagan pada umumnya.

pelatihan komputer
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Para peserta pelatihan komputer antusias mengikuti kegiatan belajar Excel , Kamis (15/11) di Gedung Serba Guna Desa Dagan

Keterbukaan Informasi Publik

Lebih jauh Sukarni mengatakan, era teknologi adalah era keterbukaan. Setiap masyarakat bisa dengan mudah mengakses informasi dari berbagai sumber. Karena itu, lanjutnya, ia berharap agar pelatihan komputer tersebut juga memberi kontribusi kepada desa untuk menghadapi era keterbukaan informasi publik.

“Pemerintah Desa Dagan, selaku badan publik, juga tengah berupaya melaksanakan keterbukaan informasi publik desa. Kita sudah punya website desa, Sistem Informasi Desa, dan akun media sosial resmi milik desa, untuk menyampaikan informasi publik kepada masyarakat,” terang Sukarni.

Sementara itu, Sutarjo, salah satu peserta pelatihan mengatakan, ia sangat antusias mengikuti pelatihan komputer tersebut. Meski sudah berumur, kata Sutarjo, ia tidak patah semangat untuk belajar komputer.

“Alon-alon asal kelakon (pelan-pelan yang penting terlaksana). Semoga saya dapat mengoperasikan komputer,” tandasnya.

Panitia pelaksana, Tomo Sugihantoro mengatakan, materi belajar yang disajikan dalam pelatihan tersebut antara lain, MS Excel, MS Words, dan Power Poin.