Dagan—Pengarjin Batik Desa Dagan, mewakili Kabupaten Purbalingga mengikuti pameran produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Acara yang dihelat Pemerintah Kabupaten Kudus dalam rangka Pelaksanaan Tradisi Dandangan tersebut, berlangsung mulai tanggal 16-26 Mei 2017.

Perwakilan pengrajin Batik Desa Dagan, Diyatmi, mengatakan, pihaknya ditunjuk oleh Pemkab Purbalingga untuk mewakili Purbalingga dalam acara tersebut.

“Iya, dari Pemkab Purbalingga menunjuk pengrajin batik dari Desa Dagan untuk berangkat ke Kudus,” kata Diyatmi.

Batik Khas Purbalingga Turut Dipamerkan

Produk Batik desa Dagan yang dipamerkan di Kudus
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Beberapa produk pengrajin batik tulis desa Dagan yang ikut dipamerkan di Kabupaten Kudus

Menurut Diyatmi, dalam acara pameran tersebut, ia juga turut mempromosikan batik khas Purbalingga, yaitu batik motif Lawa.

“Mumpung ada pameran, saya bawa juga produk batik khas Purbalingga ke Kudus,” paparnya.

Selain batik khas Purbalingga, pihaknya juga membawa serta batik tulis produk lokal Desa Dagan. Ia menegaskan, banyak motif batik tulis yang sudah diproduksi oleh pengrajin desa Dagan.

“Kami membawa banyak batik yang diproduksi oleh pengrajin batik desa Dagan. Harapannya, agar produk batik tulis desa Dagan semakin dikenal,” kata Diyatmi.

Dalam pameran tersebut, lanjutnya, banyak warga Kudus yang membeli produk batik Desa Dagan. Bahkan, ada beberapa dinas dari Pemkab Kudus yang juga ikut membelinya.

Difasilitasi Pemkab

Keberangkatan perajin batik Desa Dagan dalam pameran produk UKM di Kudus tersebut, difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

“Pemkab Kudus juga memberikan fasilitas gratis berupa Stand Pameran, dan penginapan,” papar Diyatmi.

Selain dari Purbalingga, Pemkab Kudus juga mengundang para pelaku UKM dari beberapa kabupaten di luar Kudus.

Hal tersebut sudah menjadi agenda tahunan Pemkab Kudus, setiap menjelang bulan Ramadan, dengan kemasan melaksanakan tradisi Dandangan.

“Acara-acara seperti ini sangat mendukung promosi usaha kecil menengah. Kami sangat berharap agar pemerintah sering mengadakan acara seperti di Kudus ini,” pungkasnya.