pelatihan batik tingkat lanjut

Perajin Batik Desa Dagan Ikuti Pelatihan Batik Tingkat Lanjut di Semarang

Dagan.desa.id-Para perajin batik dari Desa Dagan mengikuti pelatihan Batik Tingkat Lanjut di Balai Latihan Koperasi UKM Provinsi Jateng.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan membatik ini, akan di gelar tanggal 23-28 Juli 2018.

Ketua Kelompok Perajin Batik Desa Dagan, Diyatmi mengatakan, pihaknya memberangkatkan 7 anggota perajin batik termasuk dirinya.

Menurut Diyatmi, pelatihan batik tingkat lanjut nantinya diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan dan kualitas batik desa Dagan.

“Kami membawa anggota paling banyak. Ini kami lakukan karena pelatihan ini adalah kesempatan bagi anggota untuk menimba pengalaman,” kata Diyatmi, melalui pesan Whatsapp, Senin (23/7) kemarin.

Ada pun 7 anggota perajin batik Desa Dagan yang berangkat mengikuti pelatihan Batik Tingkat Lanjut tersebut antara lain, Ibu Suratmi (RT 02/03), Ibu Kusiroh (RT 02/02), Ibu Sumartinah (RT 02/03), Ibu Rumiyati (RT 02/03), Ibu Sumirah (RT01/03), Ibu Sunarti (RT02/09), dan Ibu Diyatmi (RT02/03) sendiri, selaku ketua kelompok perajin batik dari Desa Dagan.

Para peserta palithan batik tingkat lanjut
Para peserta palithan batik tingkat lanjut sedang unjuk kreatifitas membatik.

Adu Kreatifitas Motif Batik

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, lanjut Diyatmi, para peserta diminta untuk adu kreatifitas membatik dengan motif khas masing-masing kelompok.

“Untuk kelompok kami, masih mengandalkan motif batik Sida Mukti dan motif lawa,” sambung Diyatmi.

Meski adu kreatifitas membatik ini bukan lomba, namun nantinya Dinkop UKM Jawa Tengah akan memberikan apresiasi terhadap hasil batik yang dinilai bagus dan berkualitas.

Ia berharap agar pelatihan seperti ini akan terus berlanjut, sehingga akan ada muncul perajin-perajin batik khas yang berkualitas dari masing-masing daerah di Jawa Tengah.

Kegiatan Pelatihan Batik Tingkat Lanjut tersebut digelar oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng.

Kang Sukman

Cuma seorang anak desa yang sedang belajar mengabdi kepada bangsa dan negara.

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.