Dagan—Menyambut tahun baru 1439 hijriah, Pemuda Dusun 5 Desa Dagan gelar pengajian. Kegiatan pengajian tersebut diisi oleh K.H. Gunanto, M.Ag dari Purbalingga.

Ketua Panitia kegiatan, Akhdiani mengatakan, kegiatan pengajian tersebut diselenggarakan atas inisiatif para pemuda dusun 5 desa Dagan, yang tergabung dalam Ikatan Remaja Masjid (IRMASDA) Baitul Mukminin.

“Inisiatif tersebut mendapat dukungan dari Takmir Masjid Baitul Mukminin, dan segenap masyarakat Dusun 5 Desa Dagan,” kata Akhdiani.

Menurutnya, warga sangat antusias mengadakan acara tersebut. Oleh karena itu, paparnya, warga dengan suka rela menyumbangkan dana dan konsumsi.

Sementara itu, Ketua IRMASDA Masjid Baitul Mukminin Dusun 5 Desa Dagan, Taufik Hidayat menambahkan, pihaknya akan menjadikan kegiatan pengajian tersebut sebagai momentum untuk menetapkan kegiatan serupa setiap tahunnya.

“Kami memasukan kegiatan pengajian umum sebagai agenda tahunan IRMASDA,” terang Taufik.

Mengajak Hijrah

Sementara itu, nara sumber dalam pengajian akbar tersebut, K.H. Gunanto, M.Ag mengajak seluruh warga masyarakat Dusun 5 Desa Dagan untuk berhijrah.

“Inti hijrah adalah untuk melakukan perbuatan yang lebih baik dari hari kemarin. Jika kemarin ibadahnya dirasa masih kurang, maka dengan momentum tahun baru hijriah ini, kita memperbaiki ibadah dan tingkah laku sesuai perintah Allah SWT,” paparnya.

Meski sempat diguyur hujan sejak sore, namun pengajian yang diselenggarakan pada Jum’at (30/9) malam tersebut berlangsung lancar. Ratusan jemaah yang juga datang dari luar desa, secara seksama mengikuti pengajian hingga selesai.