Dagan—Para pemuda di wilayah Dusun V desa Dagan bersepakat untuk menggarap salah satu Curug atau air terjun setempat sebagai lokasi wisata.

Achdiani, salah satu pemuda setempat mengatakan, keinginan untuk mengelola Curug sebenarnya sudah lama. Hanya saja, baru kali ini ia dan pemuda setempat memulainya.

“Sebagai warga di wilayah Dusun V, kami melihat Curug yang ada di sini sebenarnya cukup potensial untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata,” paparnya.

Selain Curug, lanjut Akhdiani, ada potensi lain yang dapat dijadikan lokasi wisata, seperti Situs Purbakala Batu Menhir dan Arung Jeram di sungai Klawing.

Hampir setiap hari Minggu, para pemuda setempat bergotong royong menata lokasi Curug agar enak dipandang.

Membentuk POKDARWIS

Sebagai bentuk keseriusan mengelola lokasi wisata, para pemuda setempat telah mengadakan rapat bersama membentuk Kelompok Sadar Wisata Dusun V Desa Dagan.

Rapat yang diselenggarakan pada Sabtu, (15/7) malam tersebut berhasil membuat kepengurusan POKDARWIS di wilayah dusun setempat.

Achdiani sendiri terpilih sebagai ketua POKDARWIS melalui mekanisme kesepakatan peserta yang hadir.

“Ini kerja yang cukup berat. Namun, kami punya semangat dan cita-cita. Itu modal awal yang cukup berharga saya kira,” kata Achdiani, usai terpilih menjad ketua POKDARWIS Dusun V Desa Dagan.

Pemdes Mendukung Penuh

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengaskan pihaknya mendukung penuh atas usaha para pemuda di Dusun V untuk mewujudkan Curug di wilayah setempat sebagai tempat wisata.

“Ini prakarsa dari para pemuda. Karena itu, kami mendukung penuh usaha untuk menjadikan Curug di wilayah dusun V sebagai lokasi wisata,” paparnya.

Lebih jauh ia menegaskan, pihaknya meminta kepada warga setempat untuk mengusulkan Curug tersebut dalam Musyawarah Dusun, untuk dimasukan dalam APBDes.

“Saya bangga kepada para pemuda setempat yang memiliki semangat dan cita-cita mengelola tempat wisata. Karena itu, kami sangat mendukung upaya tersebut,” pungkasnya.