Dagan.desa.id—Pemerintah Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga melakukan pembinaan administrasi kepada Pemerintah Desa Dagan, Jum’at (27/7) pagi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi data-data administratif yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Dagan selama tahun 2018.

Kepala Seksi PMD Kecamatan Bobotsari, Sugiarti, S.Sos mengatakan, selain sebagai ajang evaluasi administrasi, kegiatan tersebut juga sebagai komunikasi antara Pemerintah Kecamatan Bobotsari dan Pemerintah Desa Dagan.

“Evaluasi kita laksanakan agar sistem administrasi di Desa berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku,” kata Sugiarti, dalam sambutannya.

Dengan adanya pembinaan admnistrasi tersebut, Sugiarti berharap agar data-data yang sifatnya tidak statis, tetap ada pemutakhiran.

Pemutakhiran Data Administrasi

Pembinaan Administrasi (2)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Para Kepala Dusun di Desa Dagan sedang melaksanakan Pembinaan Administrasi.

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengatakan, dengan adanya kegiatan pembinaan administrasi, pihaknya berharap agar perangkat desa dapat memperbaharui data-data administrasi.

“Sebab, masing-masing perangkat desa memiliki tugas dan fungsi masing-masing, serta memiliki buku-buku data administrasi,” terang Sukarni.

Pihaknya berharap agar kegiatan pembinaan administrasi tersebut bukan hanya kegiatan seremonial belaka.

Segala data, lanjut Sukarni, berawal dari desa. Karena itu, data-data di desa harus diperbaharui secara rutin.

“Saya sendiri, sebagai Kepala Desa selalu memperingatkan kepada perangkat desa agar selalu tertib administrasi,” pungkasnya.

Kegiatan pembinaan administrasi tersebut dimulai pukul 09:00 WIB, dan berakhir pukul 11:00 WIB. Dari hasil kegiatan tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum, administrasi di desa Dagan sudah baik. Hanya saja, masih ada beberapa catatan terkait dengan data kepemilikan tanah yang ada di Desa Dagan.