Dagan—Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Dagan menebar 10 ribu benih ikan di hulu sungai Klawing Desa Dagan, Senin (15/4).

Kepala Seksi Pengembangan Nelayan Kecil dan Perikanan, Hari Setiyati mengatakan kegiatan tebar benih ikan tersebut dilakukan dalam rangka pelestarian sungai dan habitatnya.

“Kami menyediakan 10 ribu benih ikan Melem,” papar Hari, yang juga ikut dalam penebaran benih ikan tersebut.

Lebih jauh ia mengatakan, semestinya penebaran benih ikan dilaksanakan pada saat acara bersih kali yang dihelat Karangtaruna Kridatama Desa Dagan beberapa waktu lalu. Namun karena satu dan lain hal, pihaknya baru melakukannya sekarang.

“Kami berharap kegiatan bersih kali dapat dijadikan agenda rutin, sehingga kami bisa terlibat menyediakan benih ikan,” pungkasnya.

Jadi Agenda Rutin

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos menerangkan, pihaknya sangat berterimakasih dengan keterlibatan DKPP Kabupaten Purbalingga dalam kegiatan tebar benih ikan di hulu sungai Klawing Desa Dagan.

Menurutnya, kegiatan tersebut nantinya akan menjadi agenda rutin dalam rangka pelestarian lingkungan yang beberapa waktu lalu telah dimulai dalam kegiatan bersih kali Klawing Desa Dagan.

“Kebetulan, pelestarian lingkungan menjadi agenda Pemerintah Desa Dagan. Oleh karena itu, semoga kerjasama dengan DKPP Purbalingga dapat berlanjut,” pungkas Sukarni.

Kelompok Masyarakat Pengawas Ikut Terlibat

Pokmaswas Desa Dagan terlibat penebaran benih ikan bersma Pemdes Dagan dan DKPP Kabupaten Purbalingga, Senin (15/4) di hulu Sungai Klawing Desa Dagan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Pokmaswas Desa Dagan terlibat penebaran benih ikan bersma Pemdes Dagan dan DKPP Kabupaten Purbalingga, Senin (15/4) di hulu Sungai Klawing Desa Dagan

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) lingkungan Desa Dagan, Sumitro menambahkan, pihaknya ikut terlibat dalam penebaran benih ikan tersebut. Harapannya, tegas Sumitro, pasca penebaran benih ikan, semua elemen masyarakat juga turut menjaganya.

“Kami sangat peduli dengan kelestarian lingkungan di Sungai Klawing. Tidak hanya itu, dengan adanya penebaran benih ikan, kami berkomitmen untuk terus menjaganya,” pungkas Sumitro.