Pembangunan Jaringan Irigasi Desa Dagan

Pembangunan jaringan irigasi untuk memenuhi kebutuhan pengairan sawah di desa Dagan mulai digarap sejak Jumat (11/11).

 

Dagan-Memenuhi kebutuhan pengairan sawah petani, Pemerintah Desa Dagan bangun jaringan irigasi sepanjang 398 meter.

Pembangunan jaringan irigasi tersebut terdapat di dua lokasi. Masing-masing di wilayah dusun I sepanjang 228 meter, dan wilayah dusun III 170 meter.

Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengatakan, pembangunan jaringan irigasi tersebut nantinya akan memenuhi kebutuhan pengairan sawah petani di wilayah desa Dagan seluas 9 hektar.

“Jika musim kemarau, para petani kerap mengeluhkan minimnya air ke sawah mereka. Oleh karena itu, tahun 2016 ini, kita bangun irigasi untuk memenuhi kebutuhan mereka,” kata Sukarni.

Anggaran Dana Desa tahun 2016

Terkait dengan pendanaan, Sukarni menambahkan, dana yang digunakan untuk membangun jaringan irigasi sepanjang 398 meter tersebut diambilkan dari Dana Desa (DD) tahun 2016 sebesar, Rp. 289.093.500,- dikurangi PPn dan PPh.

Penggunaan DD tahun 2016 ini, terangnya, masih diprioritaskan untuk pembangunan fisik. Mengingat, kebutuhan fisik masyarakat desa Dagan masih banyak.

“Penggunaan DD desa Dagan tahun 2016 ini memang diutamakan untuk pembangunan fisik. Meski demikian, kami juga menganggarkan untuk kegiatan pemerdayaan, meski prosentasenya kecil,” paparnya.

Dikerjakan Warga Lokal

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Dana Desa tahun 2016, H. Sutrisno, S.Sos menambahkan, semua pekerja yang terlibat dalam pembangunan jaringan irigasi adalah penduduk desa Dagan sendiri.

“Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada warga desa Dagan yang memiliki keahlian dalam bidang pembangunan irigasi,” katanya.