Produk Lokal Desa Dagan

Sekjen Aptika Kominfo RI Kunjungi Pengrajin Produk Lokal Desa Dagan

[et_pb_section bb_built=”1″][et_pb_row][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text]
Produk Lokal Desa Dagan
Para pengrajin produk lokal desa Dagan tampak berbincang dengan salah satu pengunjung, Mingg (5/2).

Dagan—Sekretaris Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Mariam Fatimah Barata, mengunjungi para pengrajin produk lokal desa Dagan.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Juguran Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Purbalingga.

“Kami bangga dengan kreatifitas para pengrajin produk lokal desa Dagan,” papar Mariam, saat menyambangi pengrajin produk lokal desa Dagan, Minggu (5/2/2017) kemarin.

Kreatifitas para pengrajin produk lokal tersebut harus diinformasikan ke luar desa. Karena itu, lanjut Mariam, peran Relawan TIK cukup strategis untuk mempromosikan hasil produk lokal di setiap desa melalui internet.

Mariam Fatimah Barata, yang didampingi staf menegaskan, banyak potensi lokal di desa yang belum dipromosikan melalui internet.

“Ke depan, kami berharap para Relawan TIK mampu berkontribusi dalam mempromosikan produk lokal di desa-desa secara digital,” kata Mariam, usai membeli beberapa produk lokal Desa Dagan.

Diproyeksikan Menjadi Usaha BUMDES

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengatakan, produk lokal desa Dagan akan diproyeksikan menjadi sektor usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dagan.

“Kami akan mendata semua produk lokal desa Dagan. Setelah pendataan, kami berencana memasukan produk lokal Desa Dagan sebagai salah satu sektor usaha BUMDes,” kata Sukarni.

Desa Dagan sebenarnya mempunyai BUMDes. Namun, papar Sukarni, keberadaanya mati suri. Karena itu pihaknya akan menghidupkan kembali BUMDes tersebut untuk mewadahi produk-produk lokal Desa Dagan.

Pengukuhan Relawan TIK Purbalingga

RTIK Kab Purbalingga
Foto bersama Relawan TIK Purbalingga dengan Sekjen Aptika Kominfo RI, Mariam F Barata, dan Ketua Wilayah RTIK Jawa Tengah usai pengukuhan.

Di tempat yang sama, Ketua Wilayah Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi Jawa Tengah, Mufid Masruhan mengukuhkan kepengurusan RTIK Kabupaten Purbalingga.

Usai pengukuhan, Mufid menjelaskan, tujuan pengukuhan tersebut untuk memberikan legalitas gerakan RTIK Purbalingga.

“RTIK Purbalingga dapat bekerjasama dengan pihak manapun untuk memanfaat teknologi informasi di Purbalingga,” papar Mufid.

Lebih jauh ia menegaskan, RTIK bukan lembaga profit. Oleh karena itu, ia berharap agar RTIK Purbalingga benar-benar menjalankan amanat organisasi sesuai dengan AD/ART organisasi.

Hadir dalam pengukuhan RTIK Purbalingga antara lain, Sekretaris Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Dinas Informasi dan Komunikasi Kabupaten Purbalingga, Sekcam Bobotsari, Relawan TIK Purbalingga, dan Gedhe Foundation.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Kang Sukman

Cuma seorang anak desa yang sedang belajar mengabdi kepada bangsa dan negara.

Add comment

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.