Prestasi Poktan Sri Lestari Dagan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Ketua Poktan Sri Lestari, Suparjo, menunjukan salah satu piala sebagai juara dalam bidang Tanaman Pangan tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2016

Dagan—Salah satu Kelompok Tani (POKTAN) yang ada di desa Dagan, kecamatan Bobotsari, kabupaten Purbalingga, adalah Sri Lestari.

Kelompok Tani yang berada di wilayah Dusun II, desa Dagan tersebut menjadi satu-satunya kelompok tani yang memiliki banyak prestasi.

Salah satu prestasi yang cukup membanggakan adalah menjadi juara III lomba Kelompok Tani Berprestasi Dibidang Tanaman Pangan tingkat Kabupaten Purbalingga tahun 2016 ini.

“Meski hanya menjadi juara III, kami cukup bangga karena mampu bersaing dengan ratusan kelompok tani se kabupaten Purbalingga,” papar Ketua Kelompok Tani Sri Lestari, Suparjo.

Menurut Suparjo, prestasi yang diraih kelompoknya merupakan hasil kerja keras seluruh anggota. Karena itu, lanjutnya, sebagai ketua kelompok tani Sri Lestari, pihaknya sangat berterimakasih atas kerja sama antar anggota.

Mendapatkan Bantuan Mesin Pompa Air dan Benih Padi

Poktan Sri Lestari Dagan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Mendapatkan bantuan mesin pompa air dari Dinas Pertanian kabupaten Purbalingga

Lebih jauh Suparjo mengatakan, selain prestasi, kelompoknya juga mendapatkan bantuan satu set mesin pompa air senilai Rp. 22 juta rupiah, dan mendapatkan bantuan benih padi Situbagendit dari Dinas Pertanian kabupaten Purbalingga.

“Bantuan mesin pompa air kami terima pada tanggal 20 Agustus 2016. Sedang bantuan bibit padi, kami terima pada tanggal 9 Agustus 2016,” terang Suparjo.

Rencananya, mesin pompa tersebut akan digunakan untuk mengairi lahan seluas 6,5 hektar pada musim kemarau. Sebab, lanjutnya, jika musim kemarau tiba, ada lahan milik anggota kelompok yang sulit mendapatkan air.

Sedangkan untuk bibit padi, secara khusus akan diberikan kepada anggota kelompok tani yang memiliki areal sawah di wilayah dusun II desa Dagan.

Menurutnya, bagi anggota yang menerima bantuan bibit padi, dikenai ketentuan untuk menanam benih padi dengan system Jajar Legowo (Jarwo). Sebab, tegas Suparjo, sistem Jajar Legowo merupakan rekomendasi teknologi pertanian untuk mencapai target swasembada pangan pada tahun 2017.

Berencana Mendirikan Kios Pertanian

Poktan Sri Lestari Dagan Mendapat Bantuan Padi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Suparjo menunjukan bantuan benih padi dari Dinas Pertanian kabupaten Purbalingga

Karena kerjasama kelompok sudah terbangun, pihaknya berencana akan mendirikan kios pertanian untuk anggota kelompok tani Sri Lestari.

Kios pertanian tersebut nantinya akan memenuhi kebutuhan produksi para anggota kelompok. Hanya saja, tegasnya, sejauh ini pihaknya masih terkendala dengan biaya.

Meski demikian, ia berharap agar rencana besar tersebut mendapat perhatian dari dinas terkait, sehingga dapat direalisasikan.