Bobotsari, Purbalingga- Karangtaruna Kridatama Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga menggelar Dagan Culture Festival (DCF), Sabtu (31/8) malam di Lapangan Manunggal V Desa Dagan.

Ketua Panitia DCF, Frian Dedi Suryana mengatakan gelaran tersebut menampilkan berbagai kesenian tradisional dari masyarakat Desa Dagan. Selain itu, DCF juga dimeriahkan oleh Grup Musik Akustik  New Kridatama yang ditampilkan oleh para pemuda Desa Dagan.

Menurut Frian, DCF merupakan gelaran puncak peringatan HUT ke-74 RI yang dikemas dalam bentuk festival budaya. Gelaran tersebut, terangnya, meruapakan yang pertama kali di Desa Dagan.

“Pelaksanaan Dagan Culture Festival, banyak menyuguhkan kesenian tradisional seperti kesenian Thek-Thek, Tarian lokal yang dikemas dalam bentuk kontemporer, kesenian Keroncong, kesenian lain yang dikemas dalam bentuk akustik, serta dimeriahkan dengan menerbangkan ratusan Lampion secara bersamaan,” papar Frian.

Selain menampilkan kesenian tradisional, lanjut Frian, Gelaran Dagan Culture Festival tersebut juga sekaligus sebagai ajang penghargaan bagi para pemenang lomba yang dilaksanakan selama bulan Agustus.

Ia menambahkan, pada peringatan HUT RI tahun sebelumnya, gelaran puncak perayaan HUT RI dilaksanakan di 5 wilayah Dusun yang ada di Desa Dagan. Tahun ini, pihaknya mencoba memusatkan kegiatan menjadi satu titik di Lapangan Desa.

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan, Nurhadi, dalam sambutannya menegaskan, secara tkenis puncak kegiatan HUT ke-74 RI di Desa Dagan dilaksanakan oleh para pemuda yang tergabung dalam Karangtaruna Kridatama Desa Dagan.

“Tahun ini, kami mempercayakan sepenuhnya kepada Karangtaruna untuk melaksanakan rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-74 RI tingkat Desa. Ini merupakan bentuk kepercayaan Pemerintah Desa Dagan kepada para pemuda,” kata Sukarni.

Pihaknya berterimakasih kepada para pemuda yang telah mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengelola kegiatan. Kepercayaan kepada para pemuda tersebut, terangnya, merupakan bentuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Dagan. Ia berharap agar kedepan, gelaran DFC tersebut menjadi agenda tahunan.

Kegiatan DCF yang digelar dari pukul 19:00 WIB hingga pukul 00:00 WIB tersebut diikuti oleh ratusan masyarakat Desa Dagan dan berlangsung meriah.