Dagan-Karangtaruna Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga belajar jurnalistik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan menulis berita. Demikian dipaparkan Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos pada Minggu (25/11) di Gedung Serba Guna Desa Dagan.

“Kebetulan Dagan sudah punya website sendiri. Sehingga, kami butuh peran serta para pemuda ikut mengisi laman tersebut,” tambahnya.

Sukarni melanjutkan, selain untuk mengasah kemampuan menulis berita, kegiatan tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman literasi digital. Sebab, menurutnya, di era digital ini, banyak pengguna teknologi yang tidak paham menggunakan teknologi secara bijak.

“Terkadang, ada kabar yeng belum tentu benar, langsung saja kita share. Setelah ditelusur, ternyata berita itu hoax,” kata Sukarni.

Jadi, lanjutnya, lebih baik pihaknya memproduksi berita sendiri yang berdasarkan fakta, seperti berita pembangunan dan potensi desa Dagan. Berita tersebut, tegasnya, bisa diterbitkan melalui website desa.

Menjadi Jurnalis Desa

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Salah satu peserta bertanya perihal Video Jurnalistik dalam kegiatan pelatihan jurnalis desa pada Minggu (25/11) di Gedung Serba Guna Desa Dagan

Ketua Panitia Kegiatan, Sukman menerangkan, hasil dari pelatihan tersebut, nantinya peserta akan menjadi bagian tim redaksi website Desa Dagan.

“Di Desa Dagan ada lima Dusun. Masing-masing Dusun memiliki perwakilan pemuda untuk masuk tim redaksi. Sehingga, jika ada kegiatan pembangunan di masing-masing Dusun, bisa langsung ditulis dan diterbitkan di website Desa,” terangnya.

Ia menambahkan, para pemuda yang telah menjadi tim redaksi akan diberikan Surat Keputusan Kepala Desa, dan dibekali dengan kartu tanda penugasan.

“Istilahnya, kami ingin di Desa Dagan ini ada jurnalis desa yang diharapkan mampu menulis dan mempublikasikan pembangunan dan potensi Desa Dagan,” imbuhnya.

Pelatihan tersebut berlangsung lancar, dan mendapat sambutan yang antusias dari para peserta. Adapun materi dalam pelatihan jurnalistik ini meliputi teknik menulis berita, teknik foto jurnalistik, dan teknik video jurnalistik.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain, Ryan Rachman dari Harian Suara Merdeka, Nurul Imani dari Harian Satelit Post, dan Tarnowo dari Satelit TV.