Juguran API Purbalingga II

Para Admin website desa se kabupaten Purbalingga mengikuti acara Juguran di Aula Dinhubkominfo Purbalingga, Sabtu (5/11)

 

Purbalingga—Pemerintah desa di kabupaten Purbalingga harus siap dengan keterbukaan informasi publik. Salah satu sarana untuk membuka kran informasi publik adalah dengan website desa.

Kasi Sarana Komunikasi dan Diseminasi Dinhubkominfo Purbalingga, Baryati, mengatakan, desa mestinya memiliki sistem informasi berupa website.

“Dengan website, pemdes dapat mempublikasikan jenis-jenis informasi publik sesuai dengan UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” kata Baryati, dalam sesi pembukaan Juguran Agen Perubahan Informatika (API), Sabtu (5/11) di Aula Dinhubkominfo Purbalingga.

Lebih jauh Baryati mengatakan, untuk memfasilitasi kebutuhan sistem informasi berupa website desa, pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah desa untuk memfasilitasi pembuatan website.

Apalagi, tambahnya, Kementrian Komunikasi dan Informatika mempunyai program 1 juta domain gratis untuk desa.

Karena itu, bagi desa-desa yang telah memiliki website, diharapkan mampu mengajak desa lain yang belum memiliki website desa untuk segera mendaftarkannya.

Upadte Konten Menggunakan WordPress for Android

Juguran yang diikuti oleh 20 admin website desa tersebut, secara khusus membahas tentang cara mengupdate konten website menggunakan aplikasi Wrodpress for Android.

Akbar Bahauloh, selaku mentor dalam juguran tersebut mengatakan, penggunaan aplikasi wordpress for Android memudahkan para admin website desa untuk mengupdate konten.

“Dengan aplikasi ini, admin dapat mengupdate konten di manapun dengan menggunakan hand phone,” papar Akbar.

Selain materi penggunaan aplikasi WordPress for Android, Akbar juga menyajikan materi tentang penggunaan google analytics dan google webmaster tools.

Acara yang digelar untuk kedua kalinya tersebut, diakhiri dengan sesi tanya jawab.