Jalan Usaha Tani Desa Dagan

Masyarakat Desa Dagan bergotong royong membuat rintisan Jalan Usaha Tani di Dusun I, yang diikuti oleh Bupati Purbalingga dalam acara Gebrak Gotong Royong

Dagan-Meski pengerjaan jalan usaha tani di dusun I desa Dagan sudah dimulai sejak 9 September 2016 silam, namun pelaksanaan secara menyeluruh program tersebut masih menunggu pencairan Dana Desa tahun 2016.

Kepala Dusun I desa Dagan, Sutarjo, menerangkan, program jalan usaha tani rencananya akan dikerjakan secara total setelah Dana Desa (DD) tahun 2016 cair.

Kejelasan tersebut lanjutnya, sekaligus menjawab pertanyaan beberapa masyarakat petani terkait tindak lanjut program jalan usaha tani di dusun I.

“Kami tegaskan kepada masyarakat petani di dusun I, bahwa pembangunan jalan usaha tani akan dimulai setelah Dana Desa tahun 2016 cair,” tegas Sutarjo.

Menunggu Hasil Asitensi dengan Bapermas

Sementara itu, Kepala Urusan Keuangan Desa Dagan, Tomo Sugihantoro, mengatakan, pencairan Dana Desa tahun 2016 ini sedang dalam tahap asistensi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermas) kabupaten Purbalingga.

Tomo menerangkan, selain jalan usaha tani, ada beberapa prioritas lain yang Rencana Anggaran Biayanya (RAB) sedang dikerjakan.

Prioritas program tersebut, paparnya, meliputi program pengaspalan jalan di dusun IV dan dusun V, serta program rabat beton yang akan dikerjakan di dusun II desa Dagan.

Oleh karena itu, tegasnya, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat desa Dagan untuk bersabar. Pasalnya, pengerjaan RAB membutuhkan ketelitian, sehingga akan mempercepat pencairan.

“Selain itu, kami juga masih menunggu hasil asistensi dengan Bapermas,” kata Bendahara Desa Dagan tersebut.

Kerjasama Tim

Hal senada juga ditegaskan Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos. Menurutnya, untuk mempercepat proses pencairan Dana Desa, pihaknya telah menghimbau kepada para perangkat desa yang memiliki kompetensi untuk membantu mengerjakan penyelesaian RAB DD.

“Dengan demikian, akan tercipta kerjasama tim. Sehingga pekerjaan penyusunan pengajuan pencairan DD tidak terbebankan hanya kepada bendahara desa semata,” kata Sukarni.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengerjaan jalan usaha tani di dusun I desa Dagan, ditandai dengan pelaksanaan gebrak gotong royong oleh bupati Purbalingga dan masyarakat desa Dagan.

Menurut rencana, tahap awal jalan usaha tani dibangun panjang 700 meter dan lebar 2 meter. Sedangkan tahap akhir pembangunan jalan usaha tani akan dibangun mencapai 2.000 meter.