Dagan—Pasangan Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mengungguli pasangan Capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Dari 2945 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terdapat di desa Dagan, Capres Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 1238 suara, sedang pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan 868 suara. Jumlah surat suara tidak sah sebanyak 88, pemilih tidak hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 751.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Dagan Tomo Sugihantoro mengatakan, berdasarkan peraturan KPU, jika pemungutan suara selesai, maka surat suara yang dihitung pertama adalah surat suara Capres.

“Dari perhitungan surat suara Capres, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul 59 persen (1238 suara) dari pasangan Prabowo-Sandi yang meraih 41 persen (868 suara),” kata Tomo.

Sementara untuk penghitungan surat suara DPD, DPR RI, DPRD Propinsi, dan DPRD Kabupaten atau Kota, hingga berita ini diterbitkan (pukul 22:55 WIB) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terus bekerja keras untuk menyelesaikannya.

“Selain menyelesaikan penghitungan surat suara, KPPS juga harus menyelesaikan kelengkapan administrasi dalam Pilpres tahun ini,” papar Tomo.

Tomo menambahkan, Pemilu tahun 2019 ini di Desa Dagan terdapat 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 5 wialyah dusun.

Aman dan Terkendali

Seorang pemilih di TPS 5 Desa Dagan tengah memasukan surat suara ke dalam kotak suara usai pencoblosan pada Pemilu 2019, Selasa (17/4).
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Seorang pemilih di TPS 5 Desa Dagan tengah memasukan surat suara ke dalam kotak suara usai pencoblosan pada Pemilu 2019, Selasa (17/4).

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu 2019 Desa Dagan, Yuni Prihatno, S.E mengatakan, berdasarkan pantuannya, situasi dan kondisi proses pemungutan suara berjalan lancar, aman dan terkendali.

“Kami menerjunkan 11 panwas TPS untuk mengawasi jalannya pemungutan suara di 11 TPS tersebut,” papar Yuni.

Hal senada juga dipaparkan oleh salah satu anggota PAM Pilpres dari unsur Kepolisian Sektor Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Fajar Setiawan.

Menurut Fajar, pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak di lapangan untuk memantau jalannya pemungutan suara di desa Dagan. Selain itu, pihaknya juga rutin terjun ke lapangan secara langsung untuk memastikan keadaan di lapangan.

“Sejauh ini kami belum menemukan adanya gangguan yang mengganggu jalannnya pemungutan suara di desa Dagan. Kami berharap hingga penghitungan surat suara selasai, semua berjalan lancar,” pungkas Fajar.