Dagan—Calon Kepala Desa Dagan nomor urut satu, Hj. Sukarni, S.Sos unggul dalam pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa Dagan pada Minggu (16/12) kemarin.

Hj. Sukarni, S.Sos yang juga seorang petahana, mendapatkan perolehan suara sebanyak 767 suara. Disusul oleh calon nomor urut dua, Sarman yang memperoleh suara sebanyak 478 suara, dan calon nomor ururt dua, Trimono dengan perolehan suara sebanyak 402 suara.

Ketua Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Dagan, Drs. H. Sutrisno mengatakan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkades Dagan sebanyak 2885 pemilih. Dari jumlah DPT tersebut, yang hadir dalam pemungutan suara sebanyak 2162 pemilih, sedang yang tidak hadir sebanyak 732 pemilih.

PilkadesDagan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Warga Desa Dagan tampak antusias menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkades pada Minggu, (16/12) kemarin. (Foto oleh Teguh Waluyo)

“Dari jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya, sebnyak 1447 surat suara dinyatakan sah, sementara 715 surat suara dinyatakan tidak sah,” kata Sutrisno usai penghitungan suara.

Disinggung soal banyaknya surat suara yang tidak sah, Sutrisno menegaskan, pihaknya sudah bekerja secara maksimal. Selain itu, lanjutnya, ia juga menyayangkan minimnya waktu persiapan pelaksanaan Pilkades Dagan kali ini.

“Kami mengakui memang masih banyak kekurangan di sana-sini. Yang terpenting, pelaksanaan Pilkades Dagan berlangsung aman, tetib, dan lancar,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi secara internal kepanitiaan. Dari evaluasi tersebut, nantinya akan dapat disimpulkan di mana letak kesalahannya.

“Kami akan melakukan evaluasi, sekaligus membuat laporan pelaksanaan Pilkades kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Dagan,” tandasnya.

Secara umum, Sutrisno, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat desa Dagan yang telah menggunakan hak pilihnya. Pihaknya juga berharap agar pelaksanaan Pilkades pada tahun-tahun berikutnya harus lebih baik dari sekarang.