Dagan.desa.id— Refleksi 4 tahun usia domain Desa.Id yang dilaksanakan di Balai Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, pada Sabtu 6 Mei 2017, menghasilkan 3 resolusi.

Pertama, komitmen bagi desa untuk tetap menggunakan domain Desa.Id sebagai identitas desa di jagat maya. Kedua, komitmen desa untuk terus bersuara dengan menggunakan website desa, dan ketiga, komitmen bagi desa untuk saling menguatkan jejaring desa.

Komitmen Tetap Menggunakan Domain Desa.Id

Domain Desa.Id yang pada mulanya menjadi domain publik, telah diambil alih oleh Kementrian Komunkiasi dan Informatika menjadi domain milik pemerintah.

Melalui Peraturan Mentri Komunikasi dan Informatika No. 5 tahun 2015, desa-desa yang akan menggunakan domain Desa.Id wajib memenuhi syarat yang ditetapkan dalam Permen tersebut.

Namun, syarat tersebut dinilai sangat menyulitkan bagi desa-desa yang ingin memiliki domain desa.id. Akibatnya, banyak desa yang enggan mendaftar, maupun memperpanjang domain Desa.Id.

Meski demikian, para peserta Refleksi 4 tahun domain Desa.Id berkomitmen untuk tetap menggunakan domain Desa.Id sebagai identitas desa di dunia maya.

Komitmen Desa Tetap Bersuara

Bagi desa-desa yang telah memiliki domain Desa.Id, diharapkan tetap bersemangat untuk terus bersuara melalui website desa.

Karena, website desa adalah alat yang paling murah dan mudah bagi desa untuk mengabarkan setiap pembangunan yang ada di desa.

Dengan demikian, publik akan mengetahui perkembangan sebuah desa melalui informasi yang dipublikasikan melalui website desa.

Komitmen Membangun Jejaring Desa

Di samping tetap mengabarkan informasi desa, diharapkan desa-desa yang sudah memiliki website untuk tetap membangun jejaring dengan desa-desa lain.

Melalui jejaring inilah, masing-masing desa dapat saling belajar dan bertukar pengalaman perihal perkembangan di desa masing-masing.

Sehingga, pada gilirannya, desa tetap mampu bersuara, dan mampu membangun dirinya secara mandiri.

Acara refleksi 4 tahun domain Desa.Id yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Karanganyar, Gerakan Desa Membangun (GDM), KIM Lentera desa Karanganyar, dan RTIK Purbalingga tersebut, dihadiri oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banyumas.

Selain itu, hadir pula perwakilan RTIK dari Bandung dan Pemalang.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Purbalingga, Tri Gunawan, dan ditutup dengan sarasehan yang membahas perjalanan 4 tahun domain Desa.Id.