Pemerintah Desa Dagan

Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa.

UU No. 6 Tahun 2014

Visi dan Misi

“Menuju Masyarakat Desa Dagan Yang Damai, Sejahtera, Cerdas, Mandiri, Berdaya Saing, dan Berakhlak Mulia”

  1. Menyelenggarakan pemerintahan yang efisien, efektif, bersih, dan demokratis dengan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Meningkatkan kecerdasan dan kualitas SDM yang beriman dan bertakwa kehadirat Allah SWT serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat dengan mendorong secara sungguh-sungguh sentra perekonomian rakyat terutama pertanian, kerajinan, industri, perdagangan dan jasa, lembaga keuangan, dan pariwasata yang didukung dengan infrastruktur yang memadai.
  4. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat dalam proses pembangunan dengan mengimplementasikan paradigma masyarakat membangun.
  5. Memantapkan dan mendorong berkembangnya kehidupan beragama guna mewujudkan rasa aman dan ketentraman masyarakat.
  6. Memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang terjadi penyelenggaraan pemerintahan yang lalu.

Profil Perangkat Desa

Hj. Sukarni, S.Sos

Hj. Sukarni, S.Sos

Kepala Desa

Ini foto Kepala Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Namanya Ibu Hj. Sukarni, S.Sos. Lahir di desa Dagan 56 tahun silam, perempuan ini terpilih menjadi Kepala Desa Dagan setelah memenangi persaingan empat jago calon kepala desa Dagan, 2013 silam. Dengan motto “Disiplin dalam bekerja”, Bu Lurah, demikian biasa akarab disapa, siap membangun tata pemerintahan desa Dagan yang lebih baik, dan senantiasa siap melayani masyarakat desa Dagan.

Subekti

Subekti

PLT Sekretaris Desa

Sedangkan yang satu ini, adalah foto Pelaksana Tugas Sekretaris Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.
Namanya Bapak Subekti. Pria yang tidak bisa hidup tanpa kacamata ini,dipercaya sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Desa Dagan, sejak 2017 silam.

Subekti

Subekti

Kepala Urusan Pemerintahan

Jangan bicara soal pemerintahan jika belum pernah berdiskusi dengan orang yang satu ini. Ini adalah foto Bapak Subekti, Kepala Urusan Pemerintahan Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Fans berat penyanyi Ebiet G Ade ini dipercaya sebagai Kaur Pemerintahan Desa Dagan sejak tahun 2005. Keaktifannya di PPDI, sempat membuat dirinya melang-lang buana ke seantero desa di Nusantara. Ia menjadi satu-satunya perangkat  Desa Dagan yang memiliki jaringan komunikasi dengan perangkat Desa  Seluruh Indonesia.

Tomo Sugihantoro

Tomo Sugihantoro

Kaur Keuangan

Urusan fulus, orang yang satu ini adalah ahlinya. Namanya Bapak Tomo Sugihantoro. Pria yang suka udhudh Star Mild ini, dipercaya sebagai Kepala Urusan Keuangan desa Dagan, Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Meski terkadang agak pelit, namun hal tersebut membuatnya menjadi semakin disiplin dalam mengeluarkan keuangan desa. Terpilih menjadi Kaur Keuangan sejak November 2014 lalu, bapak yang satu ini bertekad untuk menertibkan, dan mendisiplinkan segala jenis pengeluaran keuangan desa Dagan.

Nurhadi

Nurhadi

Kaur Kesra

Sementara pria yang kelihatan masih seperti bujang ini, adalah Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Lahir di Batang 31 tahun silam, pria ini pernah merantau di Desa Dagan, sebelum akhirnya dinaturalisasi menjadi warga Desa Dagan karena hatinya tertambat pada gadis Desa Dagan yang kini menjadi istrinya. Meski demikian, pria yang juga masih agak susah ngomong dengan logat Purbalinggaan ini, sesungguhnya sangat relijius. Dia satu-satunya perangkat Desa Dagan yang suka mengaji, mendengarkan murotal, dan menyanyikan lagu-lagunya Hadad Alwi.

Waslim

Waslim

Kaur Umum

Dan foto yang satu ini, adalah foto Bapak Waslim. Beliau menduduki jabatan sebagai Kepala Urusan Umum Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Pria kelahiran Purbalingga, 25 November 1962 silam ini, punya hobi memahat kayu dan batu. Kata Rama Waslim, demikian biasa dipanggil, sebelum menjadi perangkat, beliau berprofesi sebagai tukang kayu dan tukang batu. Siapa nyana, ketika batu menjadi mahal harganya, keahliannya memahat batu menjadi pintu rizki tersendiri.

Sutarjo

Sutarjo

Kadus I

Dan Bapak yang satu ini adalah yang Mbahu rekso wilayah Dusun I Desa Dagan Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Namanya Bapak Sutarjo. Beliau dipercaya sebagai Kepala Wilayah Dusun I Desa Dagan. Pria yang nyaris memiliki kumis laiknya penyanyi Hamdan ATT ini punya hobi mengoleksi batu akik. Bahkan, beliau mempunyai mesin untuk membuat cincin batu akik sendiri. Dan baru-baru ini, Kepala Dusun I ini juga tengah menggeluti bisnis ayam broiler. Motonya sederhana; “Di sini senang, di sana senang. Di mana-mana hatiku senang”.

Suparjo

Suparjo

Kadus II

“Santai tapi serius”. Demikian moto hidup pria jangkung yang satu ini. Namanya Bapak Suparjo. Pernah punya cita-cita jadi tentara, namun pria 40 tahun ini terpilih menjadi Kepala Wilayah Dusun II Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Bapak satu anak ini punya hobi main sepak bola. Dalam bermain bola, kadang beliau main sebagai wasit.

Sumitro

Sumitro

KadusIV

Kalau yang satu ini, penampakannya hampir mirik dengan Bapak Sutarjo. Apalagi kumisnya. Namanya adalah Bapak Sumitro. Beliau dipercaya sebagai Kepala Wilayah Dusun IV Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Kecintaannya kepada batu akik, membuat dirinya juga dipercaya sebagai Ketua Paguyuban Pengrajin Batu Akik Desa Dagan.

Sukman

Sukman

Kadus V

Sementara, pria yang satu ini bernama Sukman. Beliau dipercaya sebagai Kepala Wilayah Dusun V Desa Dagan, Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Pria berkepala plontos ini punya hobi membaca, utak-atik website, dan minum kopi tubruk. Penggemar lagu-lagu jadul ini juga suka menulis untuk blog pribadinya yang beralamat di Masbroh.id.