Film profil desa Dagan

Film tentang profil desa Dagan sebagai bentuk kreativitas dan promosi potensi desa

Dagan-Pemerintah Desa Dagan akan segera mendokumentasikan profil desa dalam bentuk film. Demikian kata Sekretaris Desa Dagan, Sutaryo, S.Sos, Senin (10/10) di Balai Desa Dagan.

Menurutnya, materi yang akan digunakan dalam film tersebut antara lain, potensi ekonomi desa, potensi budaya, potensi sosial, dan potensi lain yang belum tergarap.

“Ini kami lakukan dalam rangka mengenalkan segenap potensi yang ada di desa Dagan,” kata Sutaryo.

Apalagi, lanjutnya, desa Dagan pernah diproyeksikan sebagai desa wisata oleh Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015 silam.

Hanya saja, tegasnya, pada tahun 2015, desa Dagan belum lolos menjadi desa wisata.

“Meski demikian, kami tetap akan mendokumentasikan setiap potensi yang ada. Sebab, soal wisata sebenarnya hanya soal kreativitas,” katanya.

Menggandeng Rumah Produksi Setempat

Lebih jauh Sutaryo menuturkan, penggarapan film tentang profil desa lakukan oleh warga masyarakat desa Dagan.

Kebetulan, kata Sekdes PNS ini, di wilayah desa Dagan ada rumah produksi yang bisa menggarap dokumentasi dalam bentuk film.

Secara teknis, pihaknya membentuk tim kecil untuk melakukan persiapan penggarapan film profil desa Dagan.

Beberapa persiapan tersebut, lanjut Sutaryo, antara lain pendataan potensi masing-masing wilayah Dusun, menyajikan narasi film, menyiapkan model, dan menuliskan naskah cerita.

Mendukung Sepenuhnya

Sementara itu, Kepala Desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos menyambut baik rencana tersebut.

Menurutnya, film dapat dijadikan media promosi yang dapat ditonton oleh siapapun. Apalagi, katanya, jika film tersebut diunggah di website desa, dan media sosial.

“Secara pribadi maupun lembaga, kami sangat mendukung. Ide pembuatan film tentang profil desa juga merupakan bentuk kreativitas warga desa Dagan,” pungkasnya.