Dagan—Para Pemuda di Desa Dagan menggelar kegiatan pengajian bertajuk “Dagan Bersholawat”. Ketua panitia kegiatan, Rizki Imasnyah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat desa Dagan terbiasa membaca sholawat.

“Selain itu, kami juga mengajak masyarakat desa Dagan untuk meluangkan waktunya mengaji. Alhamdulillah, masayarakat Dagan cukup antusias,” papar Rizki Imasnyah, Sabtu (18/2) malam.

Sementara itu, Kepala desa Dagan, Hj. Sukarni, S.Sos mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kegiatan pengajian yang diinisiasi para pemuda.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan pengajian yang diselenggarakan oleh para pemuda. Itu menunjukan bahwa pemuda desa Dagan sangat peduli dengan kegiatan keagamaan,” kata Sukarni, dalam sambutannya.

Mendatangkan Kiai dari Tegal

Sebagai penceramah, panitia mendatangkan Kiai Nur Halim dari Kabupaten Tegal. Dalam ceramahnya, Kiai Nur Halim menekankan pentingnya membaca sholawat.

“Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW mengandung pengertian berdoa kepada Allah SWT, agar Nabi Muhammad SAW dan keluarganya selalu dilimpahkan kesejahteraan dan keberkatan. Tujuan dari membaca sholawat agar kaum muslimin mendapatkan syafaat (syafa’atul Uzhma) di akherat nanti,” papar Kyai Nur Halim.

Karena itu, tambahnya, umat muslim di desa Dagan hendaknya sering-sering melantunkan bacaan shalawat.

Selain itu, menurut Kyai Nur Halim, ada tiga poin penting bagi umat muslim agar arah hidupnya lurus. Pertama dengan agama, kedua dengan ilmu, dan ketiga dengan seni.

“Dengan agama, umat muslim menjadi terarah. Dengan ilmu, umat muslim akan memiliki SDM yang lebih. Dan dengan seni, hidup akan terasa lebih indah,” katanya.

Diiringi Grup Hadroh dari Kendal

Selain ceramah, kegiatan bertajuk “Dagan Bersholawat” tersebut juga diiringi grup hadroh dari kabupaten Kendal.

Grup hadroh yang bernama Al-Muhidin Kwarjad Al-Muqorrobin tersebut tampil sebagai pembuka pengajian.

Sementara itu, ratusan masyarakat desa Dagan yang hadir dalam pengajian tersebut, tampak hikmat menyimak materi ceramah hingga pengajian selesai.